Kamis, Juli 03, 2008

Paul Ince for Prime Minister!

Syukur alhamdulillah, akhirnya Blackburn Rovers menunjuk Paul Ince sebagai manajer baru yang menggantikan Mark Hughes. Nama-nama lain yang masuk shortlist cukup bermutu, seperti Alan Shearer, Sam Allardyce, Steve McClaren (kecuali yang ini), Henk Ten Cate (eks pelatih Chelsea) dan terakhir Michael Laudrup. Berdasarkan polling fans Rovers, Alan Sherer berada pada peringkat teratas. Walaupun kejayaan Rovers gak bisa dipisahkan dari nama yang satu ini, ia minim pengalaman melatih. Sedangkan Paul Ince sukses meloloskan Macclesfield dari degradasi di Divisi II Liga Inggris dan mengantar MK Dons jadi juara Divisi II. Bukan prestasi kelas dunia, tapi ini menunjukkan kalo Paul Ince punya potensi dan passion untuk jadi manajer sukses walau harus memulai dari level bawah.
Seperti di blog sebelumnya soal Blackburn Rovers, passion adalah hal yang sangat dijunjung tinggi oleh tim ini (selain skill, tentunya). Makanya Sam dan Stevie dicoret dari daftar. Yang satu kurang passion dan satu lagi…ehem…kurang apa hayoo??
Sebagai pemain, Paul cukup disegani. Terutama sewaktu di Manchester United dan Liverpool. Momen bersejarah adalah waktu ia tercatat sebagai orang kulit hitam pertama yang jadi kapten timnas Inggris. Dan kini ia menjadi manajer kulit hitam asal Inggris pertama di Liga Premier! Dulu pernah ada Ruud Gullit dan Jean Tigana, tapi mereka dari luar Inggris. Ince pun berkomentar bahwa penunjukannya sebagai manajer bisa menjadi contoh buat pemain berkulit hitam asal Inggris lainnya. Kita tahu banyak pemain yang bagus, tapi sangat sedikit yang terus berkarir di bidang kepelatihan. Dari statementnya, tersirat kalau Paul Ince orang dengan ambisi besar. Ia pun menyebut kalo suatu saat akan melatih Inter Milan, tim yang pernah dibelanya. Apakah ia akan mengikuti jejak Barack Obama di Amerika Serikat, dan kemudian menjadi Perdana Menteri Inggris berkulit hitam pertama? Bukan suatu hil yang mustahal. Tapi itu nanti ya...sekarang tugas Paul Ince adalah membuktikan pada dunia bahwa Blackburn Rovers adalah tim yang layak disegani. Go Go Rovers!

Tidak ada komentar: